Sabtu, 19 Oktober 2019

Ketua Umum PWRI : Sudah Saatnya Bangkit dan Kembali Kepada Jatidiri Sebagai Sebuah Bangsa


JAKARTA - wartaekspres - Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, sebagai bangsa yang berdaulat, bermartabat dan berbudaya, harus menciptakan situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif, aman, dan sejuk. Karena pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang dihadiri oleh sejumlah kepala negara. Demikian dikatakan Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Suriyanto kepada wartaekspres, Minggu (20/10/2019).
Sebagaimana kita ketahui, persoalan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia, sedang mengalami berbagai ujian. Krisis terjadi hampir dalam segenap aspek kehidupan. Hal ini berakar dari adanya krisis kepercayaan dan kepemimpinan secara stimultan, sehingga terjadi krisis kebangsaan dan kenegaraan.
Suriyanto menilai, bila hal tersebut terus dibiarkan, akan berakibat kebanggaan dan komitmen sebagai bangsa akan luntur. Hal ini, yang membuat celah bangsa kita mudah diadu domba, mudah dibentur-benturkan oleh kelompok-kelompok kepentingan tertentu.
Sudah saatnya kita bangkit dan kembali kepada jati diri kita sebagai sebuah bangsa. Bangsa yang besar yang mengedapankan nilai-nilai luhur budaya, dan menempatkan pluralitas dan heterogenitas sebagai modal sosial. Jangan sampai Pancasila sebagai idiologi tercabut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.
Persoalan berbangsa dan bernegara ini, adalah tanggung jawab kita bersama, dan sebagai anak bangsa yang mencintai negerinya, kita harus mampu mendudukkan persoalan berbangsa dan bernegara dalam perspektif yang benar.
“Ini yang harus kita sikapi bersama, nilai-nilai kebangsaan Pancasila sebagai Dasar Negara, Idiologi Negara, Falsafah Negara, falsahan hidup, way of life bangsa Indonesia, jati diri bangsa telah disembunyikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Konstruksi berbangsa dan bernegara yang benar, harus kita tegakkan kembali,” imbuhnya.
“Untuk itu, mari kita sambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dengan penuh sukacita. Kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar yang mengedepankan nilai-nilai luhur budaya kita. Tak perlu ada intrik-intrik politik yang justru akan merusak citra bangsa kita sendiri di mata dunia,” tutupnya. (Strategi.co.id/Evi Laurens)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....