Jumat, 28 Juni 2019

Desa Bumi Raya Mengelola Keuangan Desa Secara Transparan


LAMPUNG UTARA – wartaekspres - Menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) bersumber dari pusat dan ADD dari Kabupaten beserta sumber dana lainnya, merupakan penopang Kepala Desa (Kades) dalam membangun infrastruktur di desanya.
Namun, salah satu prinsip yang tak kalah jauh lebih penting dalam tata kelola pemerintahan yang baik adalah transparansi dalam hal keuangan. Untuk memegang dan melaksanakan prinsip ini, maka harus selalu diterapkan dalam pengelolaan serta penyaluran ke uangan di desa.
Prinsip atau asas transparansi sendiri adalah sikap membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang pengelolaan keuangan desa dalam setiap tahapannya.
Salah satu contoh penerapan itu, nampak terlihat di Desa Bumi Raya, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), sejak dipimpinan oleh Drs. Marpian, ketransparanan dalam mengelola Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDes), menjadi hal penting baginya, sehingga sampai saat ini ia masih dipercaya masyarakat kembali memimpin desa untuk kedua kalinya.
Pantauan  wartaekspres saat menyambangi kantor desa tersebut, terlihat jelas sebuah papan informasi berukuran jumbo yang memaparkan pengelolaan APBDes, mulai asalnya sumber dana hingga pengeluaran dana diperuntukkan.
"Untuk kegiatan pembangunan infrastruktur menggunakan ADD tahun 2019 ini, ada di situ (papan informasi), termasuk jumlah dananya, kami tidak menutupinya," kata Eko selaku Sekretaris Desa (Sekdes), seraya menunjuk papan informasi berukuran baliho, Jumat (28/6/2019).
Sekdes Eko juga mengungkapkan, bahwa dalam tahap pencairan 20 persen ADD, di desanya telah melakukan pembangunan infrastruktur diantaranya, Pembangunan Rabat Beton dengan panjang 216 meter, Pembangunan Gedung Serba Guna (GSG) terletak di Dusun Tanjung Mulyo dan Gorong-gorong Buis Beton 5 unit.
"Nanti termin berikutnya, kita juga akan mengerjakan Pembangunan Drainase pasangan batu dengan tipe 60/60 dengan panjang 20 meter, Drainase pasangan batu dengan tipe 50/50, 325 meter, Drainase pasangan batu dengan tipe 40/40, 181 meter, kemudian Drainase pasangan bata dengan tipe 50/50, 212 meter, Drainase pasangan bata dengan tipe 40/40, 432 meter serta Drainase pasangan bata dengan tipe 30/30, 1.643 meter," ungkapnya.
Ada hal menarik dalam papan informasi yang terpampang di Kantor Desa Bumi Raya, bahkan tidak semua desa mencantumkannya, yakni tertulis adanya bantuan dana dari Provinsi Lampung sebesar Rp 6 juta. Saat disinggung terkait dana tersebut, Sekdes Eko menjelaskan, bahwa dana itu dari tahun sebelumnya sudah ada dan diberikan oleh pihak provinsi ke seluruh desa se-Lampura.
Sementara Paisol, masyarakat setempat sangat mengapresiasi kadesnya, dengan adanya papan informasi tersebut sehingga warga masyarakat dapat mengetahui sejumlah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya.
"Alhamdulillah, dengan adanya papan informasi itu, semua warga masyarakat jadi tahu jumlah pembangunan yang dilakukan setiap tahunnya beserta pengelolaan anggaran yang ada di desa," ujarnya. (Pis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....