JAKARTA - wartaexpress.com - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Jakarta Pusat, memiliki tiga inovasi pelayanan pertanahan, diantaranya mengenai pelayanan pertanahan yakni Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (Pelataran), Tujuh Layanan Cepat (Julapat), dan Pelayanan Pertanahan di Jam Istirahat. Hal itu untuk meningkatkan pelayanan terkait pertanahan bagi masyarakat.
Adapun layanan
Pelataran di BPN Jakarta Pusat dilaksanakan pada setiap hari Sabtu pukul 08.00-12.00
Wib.
Kepala Kantor
Pertanahan (Kakantah) Kota Jakarta Pusat, Sammy Adrian mengatakan, bahwa pelayanan
pertanahan akhir pekan (Pelataran) dikhususkan untuk pemohon langsung.
"Alhamdulillah
antusias dari masyarakat sangat baik, setelah pelayanan tersebut running sekitar
bulan Juni 2022, Pak Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, melakukan
kunjungan ke sini dan melihat pelayanan Pelataran," ujarnya saat ditemui
wartawan di Kantor Pertanahan Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).
![]() |
Kepala Kantor BPN Jakarta Pusat, Shamy Adrian |
Shamy menyebutkan,
layanan Pelataran menjadi inovasi agar masyarakat yang tidak sempat mengurus
tanahnya pada hari kerja bisa mengurus pada akhir pekan.
Lebih lanjut, Shamy
mengatakan, inovasi pelayanan pertanahan lainya yang ada di BPN Jakarta Pusat
diantaranya ada program Tujuh Layanan Cepat (Julapat) yang dilaunching pada
bulan Juli 2022.
Adapun tujuh layanan
Julapat yaitu - Pelayanan Pencatatan Blokir dan Sita, SOP awal 1 hari menjadi 4
jam, - Pelayanan Pengangkatan Sita, SOP awal 3 hari menjadi 1 hari, - Penurunan
Hak (Perubahan hak milik menjadi HGB/Hak pakai, SOP awal 7 hari menjadi 1 hari,
- Pelayanan Pertimbangan Teknis Pertanahan, SOP awal 14 hari menjadi 7 hari, -
Pelayanan Peralihan Hak, SOP awal 5 hari menjadi 3 hari, - Pelayanan ROYA, SOP
awal 5 hari menjadi 1 hari, - Pelayanan Perubahan Hak Menjadi Hak Milik
(600m²), SOP awal 7 hari menjadi 1 hari.
"Jadi program
Julapat ini bertujuan untuk melakukan evaluasi standar operasional prosedur
(SOP) di tujuh layanan," ucap Shamy.
Dia menjelaskan,
program Julapat diperuntukan untuk pemohon langsung. Jadi produknya bisa lebih
cepat dari SOP yang normal.
Lanjutnya, Shamy
menjelaskan program inovasi layanan Julapat bakal diterapkan di Kantah seluruh
Indonesia. "Kita tinggal tunggu SK Menteri ATR/BPN," ujarnya.
Inovasi layanan yang ketiga adalah BPN Jakarta Pusat tetap melayani pemohon selama jam istirahat berlangsung. "Inovasi ini bertujuan ingin mendekatkan kepada pemohon langsung, dan juga menunjukkan kepada masyarakat selama pengurusan pertahan itu simple dan tidak mahal," ucap Shamy. (Rls/Kontr)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar