Senin, 20 Maret 2023

Golok Pusaka Banten Calon Rektor Untirta


PANDEGLANG - wartaexpress.com -
Dalam acara pembentukan dukungan pendirian Museum Golok Banten dihadiri oleh narasumber Almuktabar Pj. Gubernur Banten, KH. TB. Sangadiah, MA, Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, SH, MH, AKBP Dr. H. Agus Rasyid, SH, MH, Ratu Anita Tristiawati KD, SH, MH, Ki Kumbang, Tim Ahli Golok Pusaka Indonesia, Dr. Suherna, SP, M.Si, calon Rektor Untirta, Pengurus Kesti TTKKDH, Pengurus Terumbu Banten, Pengurus Pencak Silat, H. Salam, bertempat di Posko Utama Peguron Jalak Banten Nusantra Pandeglang, Banten, Minggu (19/03/2023).

Museum adalah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya terbuka untuk umum, memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan artefak-artefak perihal jati diri manusia dan lingkungannya untuk tujuan studi pendidikan dan rekreasi.

Museum Golok Banten merupakan tempat untuk mengoleksi benda-benda bersejarah berusaha untuk mendekatkan diri dengan masyarakat melalui Museum Golok Banten kepada masyarakat khususnya para pelajar mampu mengetahui dan belajar mengenai sejarah yang dimiliki setiap daerah.

Sejak zaman VOC abad ke 16 lalu Kesultanan Banten sudah dikenal di perairan Belanda, Golok Banten telah menjadi identitas di bendera kapal-kapal yang digunakan Kesultanan Banten dalam membangun hubungan dagang dengan Belanda dan Golok Banten sebagai warisan budaya dunia ke Unesco dan saat ini Provinsi Banten merupakan sebagai pilot proyek Musium Golok yang telah diakui oleh dunia.

Dr. H. Suherna, SP, M.Si, calon Rektor Untirta dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan kumpulnya kita semua di sini bagian terpenting untuk merekomendasikan Museum Golok Banten dan terlihat dari Dinas Budaya dan Pariwisata telah siap membantu.

"Kalau kita lihat memang di Banten memiliki sejarah budaya religius dan budaya-budaya yang sangat kental yaitu tentang golok asli khas Banten," imbuhnya.

"Golok Ciomas dan golok khas Banten lainnya sudah dikenal dan mengenai Museum Golok Banten harus segera di-hakpaten-kan jangan sampai hak patennya diambil oleh negara lain," tutupnya. (Udin Jaenudin/Herman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....