Sabtu, 25 Juli 2020

Lestarikan Cagar Budaya Di Perbatasan, Satgas 641 Laksanakan Karya Bhakti


BENGKAYANG - wartaekspres - Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru bersama masyarakat melaksanakan karya bhakti pembersihan Cagar Budaya Suku Dayak Bidayuh di Kampung Adat Bung Kapuak pada hari Jumat kemarin, yang berlokasi di Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut guna menjaga kelestarian dan keindahannya, Sabtu (25/7/20).
Jagoi Babang merupakan suatu wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan terletak di wilayah administratif Kabupaten Bengkayang. Daerah ini mayoritas dihuni oleh Suku Dayak Bidayuh dan memiliki sebuah Kampung Adat Bung Kapuak yang dijadikan destinasi wisata, baik bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri saat digelar gawai.
Dalam keterangannya, Wadan Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru, Mayor Inf Dede Andriana, menyampaikan, bahwa pemerintah telah memberikan wujud perhatian kepada Kampung Bung Kapuak dengan merenovasi bangunan tersebut, sehingga pada 2019 Kampung Adat Bung Kapuak berhasil mendapat penghargaan Anugerah Pesona sebagai Kampung Adat Terpopuler di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
"Untuk itu, kita wajib ikut memiliki Kampung Adat Bung Kapuak ini. Kiya harus menjaga dan membersihkannya agar sejarah dan budaya peninggalan nenek moyang kita tetap terjaga," ajaknya.
Sementara Kepala Desa Jagoi Babang, Dedeng, S.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga kepada personel Satgas akan kepeduliannya yang tinggi terhadap kelestarian cagar budaya. Juga terhadap masyarakat, baik di bidang sosial maupun teritorial.
"Semoga selalu diberikan kesuksesan dalam setiap menjalankan tugasnya," tuturnya.
Karya bhakti tersebut dipimpin oleh Perwira Topografi, Lettu Ctp Rahmat bersama 14 anggota, warga masyarakat, Karang Taruna dan Bhabinkamtibmas Polsek Jagoi Babang. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....