Kamis, 20 April 2023

Sebagian Warga Berbondong-bondong Sholat Idul Fitri Di Alun-alun Kutoarjo


PURWOREJO - wartaexpress.com -
Sebagian warga sudah merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, dan menjalankan Sholat Id yang dipusatkan di Alun-alun Kutoarjo, Kab Putworejo, Jumat, 21 April 2023.

Ada perbedaan perhitungan dalam menentukan tanggal 1 Syawal 1444 H antara Pemerintah dalam  hal ini Kemenag dengan organisasi Muhammadiyah, yang berdasarkan Hisab atau perhitungan dan rukiyah melihat hilal.

Nia salah satu jamaah Sholat Id dari Desa Kali Gesing, Kec. Kutoarjo, mengatakan, bahwa jauh-jauh hari sudah mendapat himbauan dari pengurus bahwa Sholat Id hari Jumat tanggal 21 April 2023. “Maka pagi-pagi sudah berangkat ke Alun-alun Kutoatjo,” ungkapnya.

Dengan awak media tokoh Muhammadiyah yang tidak mau disebut namanya menyampaikan, bahwa bukan berarti Muhammadiyah tidak patuh kepada Pemerintah atau Kemenag, tapi Muhammadiyah punya dasar dan kesepakatan dalam menentukan jatuhnya hari raya Idul Fitri.

“Seperti kaum penganut Aboge di Jawa juga punya dasar perhitungan tersendiri. Sebenarnya perbedaan itu indah bila kita bisa menyikapinya, seperti mozaik atau pelangi yang berwarna warni dan indah dilihat,” pungkasnya. (Susilo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....