Jumat, 05 Mei 2023

Ketua Komisi V DPR-RI Bersama Bupati Melawi Meresmikan Jembatan Keberak


MELAWI - wartaexpress.com -
Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus, S.Sos, M.Si, bersama Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, meresmikan Jembatan Keberak, Kecamatan Belimbing Hulu, Kamis (04/05/2023). Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene tanda peresmian, penandatangan prasasti dan pemotongan pita.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Melawi, Tusep Eka Burang dalam laporannya mengatakan, bahwa Keberak ini mulai dibangun tahun 2007.

“Pembangunan abutment jembatan pada 2007, kemudian lanjutan pekerjaan pada 2019 berupa pembangunan girder sepanjang 20 meter, pekerjaan fender dan sheepile serta pilar jembatan. Kemudian pada 2021 dilakukan mobilisasi rangka baja jembatan bantuan Kementerian PUPR,” katanya.

Sedangkan pada 2022 lalu dikerjakan finishing pembangunan jembatan terdiri dari pemasangan rangka, perkerasan beton oprit jembatan serta finishing akhir.

“Jembatan Keberak adalah jembatan dengan tipe rangka baja dengan lebar 6 meter dan memiliki panjang efektif total 80 meter,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya, karena pembangunan jembatan Keberak telah selesai dan dapat digunakan. Karena Jembatan ini telah dinantikan selama 15 tahun lamanya oleh masyarakat. Sejak dilaksanakan pembangunan abutment jembatan tahun 2007, pembangunan sempat terhenti dan baru kembali dilaksanakan pada tahun 2019, 2021, dan berhasil diselesaikakan pada tahun 2022.

“Saya yakin, lamanya waktu pengerjaan dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan ini, akan sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat, khususnya di Kecamatan Belimbing dan Belimbing Hulu,” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan, bahwa Jembatan Keberak merupakan penghubung utama jalur darat antara Desa Keberak, Desa Piawas dan Kayu Bunga, yang mana selama ini mobilitas masyarakat antar kecamatan masih menggunakan jalur air dan jembatan gantung.

“Jembatan ini menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Melawi,” katanya. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....